Catatan untuk berbagi

Jumat, 27 Maret 2015

Belajar dari kemacetan


Rasanya sudah tidak asing lagi dengan istilah macet, karena keadaan ini sangat akrab dengan kebiasaan suasana jalan dilingkungan kita, apalagi mereka yang tinggal atau bekerja didaerah perkotaan dan metropolitan, istilah ini sudah tidaklah asing.

Namun tahukah kita,  keadaan yang sering membuat kita kesal, penat, bahkan mungkin stress, ternyata dibaliknya ada pelajaran yang sangat berharga yang dapat kita dipetik.

Sebagai gambaran saja, misalkan ada seorang bapak yang dari rumah berangkat pagi-pagi untuk menuju kantor didaerah perkotaan, ia menuju kantor dengan menggunakan kendaraan bermotor, dan ditengah perjalanan iapun mendapati jalan dalam keadaan "muacet", namun yang luar biasanya si bapak tadi tidak akan ada dalam benaknya untuk memutar motornya untuk kembali pulang kerumah, tapi justru sebaliknya, si bapak tadi akan lebih semangat untuk mencari jalan alternatif bahkan berusaha mencari celah disela-sela kendaraan yang berjejer karena macet.  Hanya satu kata dalam benak fikirannya, saya harus sampai tujuan tepat waktu, fikiran tersebut muncul karena ia sudah mempunyai agenda atau rencana untuk melakukan aktivitas dikantornya, sampai waktu pulang disore hari, dan iapun harus kembali kerumah dengan melalui jalan yang sama dengan resiko menghadapi kemacetan lagi. Namun masih dengan semangat yang sama iapun berjuang dengan optimis untuk sampai rumah, walau macet atau bahkan hujan lebat yang dihadapinya.

Dari perumpamaan yang terjadi pada diri si bapak tadi dalam menghadapi macet, ada beberapa pelajaran yang bisa diambil dan diterapkan dalam kehidupan kita, diantaranya :
1. Motivasi yang kuat

2. Mempunyai tujuan yang jelas

3. Tidak menyerah dalam menghadapi kesulitan

4. Mencari jalan keluar alternatif dari jalan yang biasa ditempuh

5. Positif thinking dalam menghadapi kesulitan

6. Menyiapkan mental yang kuat  sebelum menghadapi kesulitan

7. Tidak berputus asa

Demikian catatan sederhana ini ditulis, semoga kita memiliki jiwa yang tangguh dalam mengarungi kehidupan yang penuh dengan ujian. Wallahu alam

0 komentar:

Posting Komentar