Catatan untuk berbagi

Sabtu, 17 Maret 2018

Debat forum sarana belajar menyampaian dan mempertahankan pendapat secara ilmiyah

Selain kesibukan siswa belajar secara formal dibangku sekolah, sesungguhnya masih banyak  kegiatan lain yg sama pentingnya dengan kegiatan tersebut, sebut saja ekstrakulikuler atau kegiatan belajar namun diluar pelajaran formal. Kegiatan ekstrakulikuler ini tidaklah diberikan di kelas2 secara formal melainnya informal, tapi justru ini yang dapat membantu siswa dalam menyalurkan minat yang mereka sukai dan yang akan memberikan dampak baik secara langsung atau tidak langsung kepada skill siswa itu sendiri.

Begitu juga yang diprogramkan oleh sebuah sekolah dibilangan parung yang biaya operasionalnya di tanggung oleh lembaga zakat dompet dhuafa, yaitu sekolah SMART Ekselensia Indonesia. Sekolah yang diperuntukan anak-anak marginal ini dicanangkan lulus dalam masa 5 tahun untuk jenjang SMP dan SMA dengan tinggal di asrama. 

Salah satu jenis kegiatan rutinnya diasrama adalah kegiatan debat forum, yaitu kegiatan yang dirancang agar seluruh siswa jenjang kelas 3 SMP dan kelas 1 SMA dapat beradu argumuntasi secara ilmiyah dalam pempertahankan pendapatnya. Ini sejalan dengan cita-cita sekolah ini yang ingin mencetak generasi pemimpin masa depan.

(bersambung..)

0 komentar:

Posting Komentar